Friday, May 7, 2010

GAME WALKTHROUGH THE WITCHER

Bangkit dari kematian dan mengalami amnesia, tak banyak mengubah Geralt. Ketika Khaer Morhen, markas para witcher yang menolongnya diserbu kelompok misterius.
BERBEDA DENGAN game RPG sejenis, The Witcher tak memiliki pilihan karakter. Anda hanya bisa bermain sebagai Geralt of Rivia. Perbedaan lain pun kemudian menyusul, terutama dari sisi gameplay. Struktur misi The Witcher sangat rumit. Quest-nya menerapkan sistem phase, di mana untuk menyelesaikan satu quest Anda butuh beberapa phase.
Selain itu, quest utama dan side quest bercabang-cabang dan tak jarang saling terkait satu sama lain. Sebagai contoh, sering kali beberapa side quest harus lebih dulu diselesaikan sebelum Anda bisa menuntaskan quest utama. Aki-batnya permainan pun menjadi sangat panjang dan butuh waktu lama untuk menamatkannya. 
I. Combat I.1. Timing
Meski masih menganut gaya click and slash a la Diablo, namun Anda tak bisa menekan tombol mouse bertubi-tubi secara sembarangan. Game ini mene-rapkan sistem combat (pertarungan) yang berdasarkan timing. Timing-nya dipicu saat pedang Anda bergambar semacam api (berkobar). Pada saat itu, tekan tom-bol maka Geralt akan melepas serangan combo. Terlalu cepat atau terlalu lambat
menekan tombol menyebabkan combo tak bisa dilakukan.
1.2. Style
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah style pertarungan. Game ini menerap-kan tiga jenis style pertarungan, yakni Strong Style, Fast Style, dan Group Style. Gunakan Strong Style pada musuh yang besar dan kuat, sementara Fast Style pada musuh yang relatif lemah namun dapat bergerak cepat.
Jika musuh datang berkelompok, gunakan Group Style. Jangan sungkan untuk berpindah-pindah style. Anda bisa menghentikan sementara permainan (pause) dengan menekan spacebar dan kemudian memilih style yang tepat. Begitu kembali diaktifkan Geralt akan menggunakan style tersebut. Saat meng-gunakan group style berhati-hatilah jika ada NPC (Non Playable Character) yang ikut bertarung di sekitar Anda. Group style memungkinkan Geralt melukai semua sasaran di sekitarnya. Jika seorang NPC ikut terluka, ia akan berbalik menye-rang Anda dan bukan pada musuh yang tadi diserangnya.
1.3. Weapon
Dalam petualangannya, Geralt mungkin akan menemukan senjata lain selain yang dibawanya, namun Anda hanya bisa membawa satu sebagai senjata cadang-an. Dua senjata utama, yakni witcher sword yang terbuat dari besi dan silver sword yang terbuat dari perak nyaris tak tergantikan. Witcher sword ditujukan bagi manusia dan binatang. Sedangkan, silver sword untuk para monster.
Meski begitu, Anda bisa membuat pedang-pedang tersebut lebih kuat dengan menambahkan meteorite (steel sword) atau rune (silver sword). Untuk keperluan ini, Anda harus pergi ke Blacksmith (pandai besi) yang ada. Senjata yang dijatuhkan musuh juga tetap bisa diambil, namun lebih ditujukan untuk dijual demi mendapatkan uang secara cepat dan mudah.
II. Sign
Perbedaan berikut antara The Witcher dengan game RPG sejenis adalah pada penerapan magic. Witcher bukanlah pe-nyihr seperti Wizard, Sorcerer, atau Mage.
Kelebihan Wither, pada kemampuannya bertarung dengan pe dang. Tetapi bukan berarti witcher tidak memiliki magic. Ia punya semacam magic yang disebut Sign. Sign bisa didapat dengan menyentuh se-buah batu tertentu. Berikut adalah lokasi di mana Anda bisa mendapatkan Sign.
1.  Aard: Chapter Prologue, letaknya di laboratory. Bisa untuk mendorong, menjatuhkan musuh dan menghan-curkan rintangan.
2.  Igni: Chapter 1, letaknya di Crypt di Outskirt Vizima. Bisa untuk melukai dan membakar musuh.
3.  Yrden : Chapter 2, letaknya di Swamp, berada di perkampungan para Druid
4.  Quen: Chapter 2, letaknya di salah satu gua di Swamp. Swamp, di salah satu gua.
III. Time
Game ini konsisten dengan waktu. Jika sebuah quest meminta Anda untuk datang ke suatu tempat pada tengah malam, maka Anda harus datang tepat pada jam 12 malam! Jika tidak, maka pintu tidak terbuka dan quest tak terse-lesaikan. Untuk mengetahui waktu dan jam, Anda bisa meletakkan mouse pada ikon bergambar awan) di kanan atas layar. Untuk memperceat waktu, Anda bisa meditasi (rest) yang sekaligus berfungsi untuk memulihkan diri.
IV.  Rest IV.1. Meditasi
Geralt bisa memulihkan diri melalui makanan, potion, atau meditasi. Pemulih-an paling efektif adalah dengan meditasi.
Meditasi bisa dilakukan di tiga tempat: Penginapan, Rumah NPC tertentu, dan Api unggun. Cari sisa api unggun atau bergabung dengan api unggun para NPC. Untuk sisa api unggun, Anda butuh benda berupa fl ick untuk menyalakannya atau gunakan Igni Sign.
Atur kebutuhan tidur Anda dengan memilih empat bola di sisi kiri bawah layar (until dusk/petang, dawn/pagi, midnight /tengah malam, noon/siang). Jika ingin diantara waktu tersebut, Anda bisa meng-klik di antaranya. Tetapi, sebelumnya pastikan bahwa Anda sudah memperhi-tungkan waktu tambahan akibat meracik potion atau upgrade level karakter.
IV.2. Meracik Potion
Saat meditasi Anda bisa meracik potion.
Caranya adalah dengan mengklik icon potion. Jika telah mempelajari resep potion tersebut, secara otomatis pilihan untuk potion tersebut tercantum di sini. Untuk meraciknya, Anda hanya cukup memastkan semua bahan yang diminta tersedia dalam inventory Anda. Selanjut-nya tinggal menekan tombol mix.
IV.3. Upgrade Level
Setelah mendapat experience tertentu atau berhasil menyelesaikan quest, Anda akan mendapat poin untuk meng-up-grade level karakter. Klik icon karakter di kanan atas layar dan distribusikan poin tersebut. Pilih prioritas Anda, tetapi sebaiknya upayakan untuk menambah intelligence demi mengenali jenis tanam-an atau item penting lain yang berguna untuk meracik potion.
V. Potion, Alcohol, &
Toxicity
V.1. Potion & Toxicity
Karena tidak memiliki magic, witcher hanya mengandalkan potion untuk menambah kekuatan atau mendapat kemampuan spesial tertentu. Sayang-nya, semua potion ini beracun (toxic). Kadar toxicnya (Toxicity) bisa dilihat dari bar terbawah setelah HP dan Stamina. Dengan begitu, kemampuan Geralt me-minum potion dibatasi oleh batas toxic yang bisa ditoleransinya. Namun biarpun belum maksimal, kadar racun yang tinggi membuat layar menjadi agak blur dan pergerakan Geralt melambat.
V.2. Alcohol
Alkohol akan sering Anda jumpai dalam game ini. Sepintas terkesan tidak pen ting, tapi jangan dibuang. Pembuatan setiap jenis potion membutuhkan campuran jenis alkohol tertentu. Interaksi dengan bebera-pa NPC pun kadang mengharuskan Geralt minum alkohol. Namun konsekuensinya, Geralt akan mabuk yang menyebabkan layar blur, goyang, dan Geralt berjalan limbung ke sana-ke mari.
VI. Buku dan Pengetahuan
Buku pegang peran cukup penting dalam The Witcher. Untuk menyelesaikan quest tertentu sering kali Anda harus memiliki pengetahuan yang cukup. Semisal quest untuk membunuh monster, Geralt harus punya pengetahuan tentang monster tersebut dalam jurnalnya.
Demikian pula dengan quest untuk meracik potion atau mengenali tanaman obat. Pengetahuan bisa didapat dengan membaca buku, scroll atau melalui inter-aksi dengan NPC. Memberikan makanan atau benda lain pada NPC kadang membuat mereka memberi informasi mengenai monster maupun bahan kimia untuk meracik potion.
VII. Non-Playable Character (NPC)
VII.1. Interaksi
NPC dapat dibagi dua, terkait dengan quet dan yang tidak. Yang tidak terkait dengan quest umumnya berprofesi seba-gai blacksmith (pandai besi) atau mer-
chant (pedagang). Berhati-hatilah saat berinteraksi, karena jika tersinggung sang NPC akan menolak berbicara lagi. Jika hal ini terjadi, Anda umumnya masih bisa berbicara dengannya jika Anda keluar dari area tersebut dan masuk lagi.
VII.2. Wanita
Sisi paling menonjol dalam game ini adalah porsi para wanita. Anda akan mendapat “kartu” bila berhasil mengen-cani mereka. Beberapa bisa Anda dapat dengan mudah, agak mudah (beri hadiah) dan sulit (harus menemukan opsi per-cakapan yang tepat, yang kadang tidak muncul saat awal interaksi). Berikut adalah daftar wanita yang bisa dikencani:
a.  Prologue:
a.1. Triss: Setelah memberi obat , setujui permintaan menemani-nya.
b. Chapter 1
b.1. Vessna Hood: Ia bekerja di penginapan. Bicara dan puji kecantikannya. Nanti, selamat-kan dia dari bandit, dan setujui permintaan mengawalnya ke rumah sang nenek. Jika sukses, bicara dengannya dan minta untuk bertemu. Vessna mengajak bertemu di Mill pada petang hari dan Anda diminta membawa wine. Jadi bawa wine dan per-gilah kesana saat petang hari. Bicara dengannya dan klik icon untuk memberi wine saat Vessna memintanya.
b.2. Peasant Woman: Dapatkan tulip dengan menukar sembarang bunga pada townwoman dekat rumah Reverend. Temui salah satu peasantwomandan beri tulip itu padanya. Ajak ia pergi ke suatu tempat.
b.3. Abigail: Setelah menghancurkan dinding di samping Alvin de-ngan Aard sign. Bicara dengan Abigail. Pilih opsi jawaban yang menyatakan Geralt ingin menge-nalnya lebih baik.
c.  Chapter 2
c.1. Courtesan,Whore, Hooker, Harbor Whore:Bayar dengan Orens beri bunga asalkan telah menye-lesaikan tugas yang diberikan Carmen (dekat penginapan/ brothel house) tanpa meminta bayaran.
c.2. Shanii: Menjelang akhir quest Old friend of Mine. Saat Shani marah dan menyatakan pesta telah berakhir, beri mawar merah, lalu katakan pernyataan yang membuatnya terkesan.
c.3. Gossip: Ia berada tak jauh dari pintu sewer. Bicara dengannya dan pilih opsi pertanyaan tentang witcher. Anda harus berbicara berkali-kali dengannya sampai muncul opsi Anda bisa menyang-kal info yang ia dengar tentang white Wolf, dan menyatakan bahwa Andalah Geralt of Rivia. Berikan Glove dari Peddler.
c.4. Moreen: Ia berada di perkam-pungan para Druid. Tanyakan asal para Dryad, dan buktikan kemampuan Anda dengan mem-bawakannya wolf pelt. Bicara denganya.
c.5. Half Elf: Dapatkan quest dari thug di depan warehouse. Bi-cara dengan Half Elf . Temui dia di nonhuman’s house. Kemu-dian katakan pernyataan berikut: “You are... the Sun Child.”; “You come... from the land on the river of... alabaster... bridges”. ; “You are right ...”
d. Chapter 3
d.1. Princess Adda: Pada awal per-temuan pujilah ia, jangan bicara soal kutukan. Setelah mening-
galkan Triss dan Leuvardeen, katakan Anda terkesan dan bahwa politik dan seks punya kemiripan. Kemudian setelah memberi Catoblepas dari Triss. pergi ke Alcove. Temui dia dan katakan bahwa keinginannya adalah sebuah perintah.
d.2. Shanii: Jika Anda memutuskan Alvin ikut dengannya. Setelah mabuk dengan Dandelion, medi-tasi dulu dan berikan ia silver amber ring. Sebelumnya bicaralah dengan Alvin beberapa kali.
d.3. Triss:: Jika Anda memutuskan Alvin ikut dengannya. Setelah mabuk dengan Dandelion, me-ditasi dulu dan berikan ia Silver Ruby Ring. Sebelumnya bicaralah dengan Alvin beberapa kali.
d.4. Rozalind Pankiera: Tuju New Narakort, tanyakan Dandelion mengenai lute-nya. Minum 7 bir dan setujui menolongnya. Tuju rumah Pankiera, kalahkan ayahnya dengan tinju atau bayar. Naik dan bicara dengan Rozalind. Pilih opsi kalimat berikut: “That’s why I’m here”; “We settled matters...”; “If you give up the lute...”; “I would stop short of the marriage...”; “Can I cheer you up?”; “Causes a slight tingling...”
d.5. Blue eye: Pergi ke Night House (M14.5). Bayar 500 orens atau jika punya Night House Signet Ring (dari Erkyn von Blunt), cu-kup bayar setengah harga. Kartu bergambar sama, juga bisa Anda dapat darii Courtesandi dekat pintu masuk New Narakort.
d.6. Vampiress: Biarkan ia hidup.
d.7. Town Clerk: Lokasi di Town Hall, lantai atas. Katakan bahwa ia “a bad girl” dan berikan diamond.
d.8. Noble Woman: Di jalan di Trade Quarter, bicara dengan seorang noble woman. Bunuh Kikimore dan ambil cakarnya. Berikan padanya.
e. Chapter 4
e.1. Celina: Ia ada di dalam rumahnya.
Berikan ia cincin apapun. e.2. Starving Elf: Ia ada di dalam gua
di Lakeside. Berikan makanan.
e.3. The Lady of The Lake: Tanyakan apa yang terjadi dengan Legion. Bicara dengan Hermit tentang Holy Grail. Kembali ke Lady dan katakan bahwa Anda sudah tahu semuanya, katakan pula bahwa Anda bercanda. Pujilah dia.
e.4. Peasant Woman: Bicara de-ngan setiap peasant woman di perkampungan sampai Anda menemukannya. Berikan Sugar Doll dari Baker.
f. Chapter 5
f.1. Toruviel: Quest Hope Burns Bright (jika Anda memihak Squirrel). Pada akhir pembicaraan dengan pemimpin komando, katakan bahwa Anda ingin bicara dengan Toruviel. Naik ke atas, bicara dengannya, dan katakan “Your wish is my command”.
f.2. Rayla: Quest Fire that Cleanses (jika Anda memihak Order). Setelah diundang Rayla, katakan pada komandan Anda akan ber-gabung kemudian. Naik ke atas, bicara dengannya, dan katakan bahwa Anda tahu cara menye-nangkannya.
f.3. Nurses: Jika netral, selesaikan quest under a Fiery Sky lalu tuju rumah sakit di Old Vizima. Naik ke atas, dan bicara dengan perawat. Ketidakhadiran Shanii membuat mereka lebih berani.
VIII. Misi VIII.1. Prologue
Chapter ini lebih bersifat tutorial. Tip: Anda bisa memilih menghadapi Fright-ener atau Savolla dan empat anak buahnya. Karena Geralt belum memiliki silver sword, akan lebih baik bila Anda memilih opsi kedua, yakni menghadapi Savolla.
VIII.2. Chapter 1
Begitu memasuki chapter 1, quest Of Monster and Men akan langsung dipicu. Ikuti setiap phase-nya, sembari menger-jakan quest lainnya. Namun setelah Anda berhasil bicara dengan Beast melalui Alvin, jangan dulu pergi ke Reverend. Selesaikan semua quest dan side quest yang ada. Jika Anda langsung bicara dengan Reverend, Anda tak akan bisa
lagi menyelesakan semua side quest.
Tip: Tak lama setelah bertemu Abigail di gua dekat sarang Salamandra, Anda diberi pilihan berdiri di pihak Abigail dan menyelamatkannya atau memilih pihak Reverend dengan menyerahkan Abigail. Apapun yang Anda pilih, pihak tersebut akan membantu Anda saat menghadapi Beast. Akan tetapi, bantuan Abigail akan jauh lebih berarti dibandingkan Reverend dkk karena ia akan melepas spell penyem-buhan saat Geralt bertarung.
VIII.3. Chapter 2
Setelah berhasil mengalahkan Cockatrice di sewer dalam quest Prison Break, tugas Gerald selanjutnya adalah melacak dan menemukan Azar Javed. Tugas ini agak rumit karena Anda harus membongkar penyamaran Javed. Bicara dengan sang detektif Raymond (singgung mengenai Azar Javed sejak awal) untuk memulai quest Vizima Confi dential.
Selesaikan quest The Crown Witness dan dapatkan kepercayaan Kalkstein. Ambil daftar tersangka dari Raymond (Ramsmeat, Leuvaarden, Thaler) dan bicara dengan masing-masingnya. Ketika Azar yang menyaru Raymond meminta otopsi, pergi ke Grave digger untuk memulai quest Gravedigger’s Gratitude. Buktikan bahwa Thaler tidak bersalah (quest Suspect: Thaler) dan ia akan mem-bebaskan grvedigger dari hutang, dan buktikan hal sama pada Vincent (quest Suspect: Vincent Meis) untuk mendapat ijin masuk ke cemetery.
Setelah Anda masuk ke cemetery dan menemukan kebenaran, pergi ke Raymond/Azar tapi jangan katakana bila Anda sudah tahu penyamarannya agar bisa menjebaknya. Selesaikan quest Mysterious Tower dan semua subquest juga selesaikan quest Monolith lalu masuki Tower. Saat meninggalkan tower dengan membawa buku yang Anda temukan di sana, Geralt akan dihadang Azar. Chapter ini berakhir saat Geralt berhadapan dengan Azar dan Profesor.
Tip: pada quest Prison Break, Anda sebaiknya membiarkan Siegfried mem-bantu Anda. Namun saat bertemu lagi dengannya, jangan menanyakan tentang Order padanya atau ia akan meminta Geralt untuk bergabung seandainya Anda ingin tetap dipihak netral.
VI11.4. Chapter 3
Chapter ini dimulai dengan quest Posh Reception dan akan berakhir saat me-namatkan quest The Unforgiven. Tip: Saat bertarung dengan Profesor dan terjatuh ke Kikimore’s Lair (quest: The unforgiven), jangan mencoba bertarung dengan sang ratu. Minum potion tawny owl, lari keluar gua, dan gunakan Aard sign untuk merubuhkan setiap penopang. Setelah sampai di luar, gua akan rubuh dan menewaskan ratu Kikimore dan anak buahnya. Jarah tubuh ratu kikimore untuk mengambil sisa-sisa sang profesor.
VIM.5. Chapter 4
Chapter ini dimulai ketika Geralt menuju ke Lake Side. Tip: Untuk menghabisi Dagon, bereskan dulu hingga sekitar 10 pengikut yang ia summon. Maka, Dagon akan kalah. Jarah tubuhnya untuk mendapat Sun Rune.
VIM.6. Chapter 5
Kejadian pada chapter 5 akan sangat tergantung pada pilihan Anda pada quest Free Elves. Quest sweet Revenge akan aktif begitu memasuki Dike. Jika memi-hak Squirrel, Anda akan mendapat quest Hope That Burns dari Zoltan. Jika memilih netral, Anda akan mendapat quest Under a Fiery Sky darinya. Sedangkan jika me-mihak Order, Anda akan mendapat quest The Fire that Cleanses
Tip: saat menamatkan quest Her Highness The Striga, Anda bisa memilih membunuh Adda dengan silver sword, strong style plus Igni Sign kemudian am-bil hatinya. Atau membebaskannya dari kutukan dengan terus menggunkan Aard sign untuk mendorongnya menjauh dari Geralt, lalu berlari menghindar sembari mengelilingi sarchopagus.
Setelah semua lilin mati, Adda akan kembali menjadi seorang gadis. Bicara dengannya.
VII 1.7. Epilog
Chapter ini dimulai dengan quest The Ashes of Vizima dn berakhir dengan quest Frozen Refl ections.
Di chapter ini juga Anda akan bertemu dengan banyak karakter yang ada di sepanjang game. Reaksi mereka akan sangat tergantung perlakuan Anda pada chapter sebelumnya.




Share

0 comments:

Post a Comment