Wednesday, May 5, 2010

TRIK PHOTOSHOP BUAT BONEKA KAYU

Samar-samar Anda tentu masih ingat pada dongeng-dongeng berkesan yang pernah menjadi pengantar tidur Anda. Salah satunya adalah dongeng Pinokio si boneka kayu yang berubah menjadi manusia. Namun, kali ini kita akan melakukan hal sebaliknya yaitu “menyihir” seorang gadis kecil menjadi boneka kayu.

1. Buka foto yang akan dimanipulasi. Untuk mempermudah, gunakan foto dengan model yang dipotret dari depan dan seluruh tubuhnya terlihat jelas agar boneka kayu yang Anda buat bisa terlihat berpose dengan wajar. Untuk membuka foto pilih menu File-Open dan browse fi le yang akan digunakan. Klik OK dan dalam sekejap foto Anda akan terbuka pada aplikasi Photoshop.
2. Pilih Pencil Tool. Tentukan ukuran brush sebesar 2 pixels dan warna hitam. Kita akan membuat tali yang meng-hubungkan antarpotongan. Karena tubuh boneka kayu terdiri dari potongan anggota tubuh yang dihubungkan dengan tali agar bisa bergerak bebas. Tarik garis untuk menggambar bentuk tali seperti pada gambar. Kemudian perbesar ukuran brush menjadi 3 pixels untuk menggambar bentuk bulatan pada pinggir potongan yang akan menjadi lubang tempat tali yang diikatkan pada boneka kayu.
3. Kembali kita membuat kayu, namun agak berbeda. Tali yang akan kita buat ini adalah tali penarik boneka. Buat Layer baru dengan nama layerJaW. Gunakan Line Tool dengan ukuran 1 pixel untuk menggambar garis-garis vertikal berwarna putih yang berujung pada lubang-lubang hitam yang sebelum-nya kita buat pada langkah nomor 4. Boneka kayu Anda telah hampir siap, namun masih terlihat jelas sebagai manusia.
4. Langkah pertama adalah membuat layer baru di atas layer background dengan memilih Layer-New-Layer. Beri nama “sendi”. Lalu buat area seleksi kecil berbentuk elips pada lengan model. Gunakan Elliptical Marquee Tool. Pilih Select-Transform Selection untuk memodifi kasi area seleksi agar searah dengan pergerakan tubuh model. Kemudian isi dengan warna cokelat yang setingkat di atas warna kulit model. Pada contoh digunakan warna #330000. Setelah itu, buat lagi satu seleksi elips yang bersinggungan dengan elips sebelumnya seperti pada gambar.
5. Buat lagi area seleksi dengan cara yang sama seperti nomor dua. Tempatkan pada sendi-sendi gerak yang utama, yaitu bahu, siku, dan lutut untuk membuat potongan-potongan anggota tubuh serupa boneka kayu. Sesuaikan ben-tuk elips dengan besarnya anggota tubuh yang akan dipotong. Setelah selesai, duplikasi layer background dengan memilih menu Layer-Duplicate Layer. Tempatkan layer ini di antara layer sendi dan layer background yang asli. Selanjutnya pilih Clone Stamp Tool dan lakukan cloning pada daerah di antara elips untuk memisahkan potongan antaranggota tubuh.
6. Terakhir beri tekstur kayu pada boneka ini. Apabila tidak memiliki gambar tekstur kayu, Anda masih bisa mencarinya di Internet dengan kata kunci “wooden texture”. Buka gambar tekstur tersebut dan dengan menggunakan Move Tool, pindahkan tekstur tepat di atas gambar boneka. Ubah Blending Mode pada Panel layer menjadi Multiply untuk menyatukan tekstur pada gambar. Hapus area yang berada di luar boneka dengan menggunakan Eraser Tool. Warnai gigi dan mata pada model dengan warna hitam dan putih agar lebih terlihat seperti mainan.
7.  Dalam sekejap, Anda telah menjadi pembuat boneka profesional. Gambar gadis yang sedang bermain skating ini terlihat sebagai boneka yang ditarik oleh orang yang me-mainkannya. Apabila menginginkan hasil yang lebih sempurna, Anda dapat membuat potongan-potongan lebih detail pada sendi lainnya seperti leher, kaki, dan jari. Bandingkan gambar sebelum dan sesudah dimanipulasi, menarik bukan?


SELAMAT MENCOBA.............      


Share

0 comments:

Post a Comment