Friday, May 7, 2010

MITOS SEPUTAR HARDWARE PC

Kekecewaan sering terjadi ketika Anda membeli hardware PC baru. Supaya tidak kecewa, simak beberapa mitos seputar hardware PC yang banyak disalahartikan dalam masyarakat.
JIKA ANDA kami ajak mengingat-ingat berapa kali Anda terbujuk dengan ra-yuan para produsen hardware PC, baik melalui media massa, televisi, pameran, dan kemudian Anda membeli produk dari produsen tersebut, namun Anda tidak mengetahui apakah memang benar produk tersebut yang Anda butuhkan saat ini, tentu Anda akan menjawab, “Ya, beberapa kali saya terbujuk”.
Hal tersebut menjadi lumrah adanya ketika seseorang tidak memiliki pengeta-huan yang mendetail atau cukup tentang sebuah produk hardware yang akan dibeli. Saat ini kebanyakan orang masih mengganggap bahwa sebuah produk baru pastilah akan memiliki kinerja lebih
baik dari produk sebelumnya dan tentu saja akan cocok dengan PC milik me reka, atau setidaknya bisa mendongkrak ke-mampuan PC tersebut. Pengetahuan se-perti ini yang kerap menyebabkan orang kecewa ketika ia sudah terlanjur membeli hardware, namun hardware tersebut tidak cocok atau tidak mampu mendongkrak kinerja PC mereka.
Hal ini diperparah dengan tindakan para produsen yang sering memberikan janji-janji manis kepada konsumen, namun be-lum tentu terbukti benar dalam kenyataan di lapangan. Entah itu produk yang tidak sesuai dengan spesifi kasi, sampai dengan performa yang tidak sama saat dijanjikan. Namun, tidak semua produsen memiliki
tipikal seperti ini, masih ada beberapa produsen yang mau mengedukasi kon-sumen terlebih dahulu sebelum membeli produk-produk mereka.
Pilihan Tepat
Tidak semua orang mampu membeli atau meng-upgrade PC mereka ketika sebuah produk hardware PC baru diluncurkan di pasaran. Saat ini, produk-produk baru selalu bermunculan hanya dalam hitungan bulan. Sekitar tiga sampai enam bulan produk tersebut pasti memiliki seri yang lebih baru. Jika Anda termasuk salah seorang yang belum mampu meng-up-grade PC Anda dalam selang waktu tiga bulanan, maka dipastikan Anda adalah orang yang meng-uprade PC dalam se-lang waktu satu tahun atau lebih.
Supaya dana Anda tidak sia-sia dalam membeli sebuah hardware PC, Anda ha-rus mengetahui beberapa hal, utamanya mengenai spesifikasi detail PC Anda saat ini.
Misalkan Anda ingin membeli video card terbaru, GeForce 8800GTS, yang saat ini dibanderol di kisaran harga US$350 atau lebih malah. Anda harus benar-benar mengetahui secara detail apakah sistem PC Anda saat ini mampu menjalankan video card tersebut secara maksimal, jika tidak maka uang yang Anda keluarkan akan sia-sia.
Meng-upgrade video card mahal ke dalam PC yang hanya kelas menengah saja tidak akan berpengaruh pada per-forma graphic secara keseluruhan. Hal ini dikarenakan ada beberapa aspek dari PC yang mempengaruhi kinerja dari video card. Salah satunya adalah CPU (processor), di mana kinerja video card Anda tidak akan bisa maksimal jika CPU yang digunakan memiliki spesifi kasi yang minim. RAM juga berpengaruh dalam kin-erja video card. Jika Anda hanya memiliki RAM sebesar 512 MB dalam sistem PC Anda, jangan berharap 8800GTS akan bekerja secara maksimal.
Hal lain yang bisa mempengaruhi kin-erja video card adalah PSU (Power Supply Unit) yang hanya memiliki daya terbatas. Contohnya, jika Anda menggunakan PSU dengan daya 450 Watt untuk menjalankan 8800GTS, GT, atau Ultra, maka dipas-tikan video card tersebut akan berjalan pada kecepatan clock yang lebih lambat dikarenakan supply daya yang kurang ke dalam video card tersebut.
Dengan contoh di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak semua hardware yang mahal dan memiliki teknologi ter-baru cocok untuk diterapkan pada sistem PC kita saat ini. Sungguh suatu hal yang sia-sia jika kita tidak bisa memaksimalkan kinerja dari sebuah hardware PC yang baru kita beli dan tentunya dengan uang yang tidak sedikit.
1. Motherboard
BENARKAH MOTHERBOARD DENGAN BANYAK POWER PHASE AKAN MENINGKATKAN PERFORMA GAMING SECARA KESELURUHAN?
Jika mempercayainya, maka dipastikan Anda akan membuang uang ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah untuk sesuatu yang tidak pasti.
Kenyataan yang ada adalah meskipun sebuah motherboard memiliki banyak power phase, namun tetap ia tidak akan bisa memberikan peningkatan performa gaming pada sistem PC Anda.
Motherboard yang bagus bukan dinilai dari banyak atau sedikitnya power phase yang dimilikinya, namun dilihat dari desain awal dari motherboard tersebut dan tentu saja kualitas komponen yang dipakainya.
Motherboard dengan desain awal yang bagus dan kualitas komponen yang bagus dipastikan akan lebih memberikan daya (voltage) keseluruh komponen PC lain secara stabil, meskipun ia memiliki power phase yang sedikit. Motherboard yang memiliki power phase banyak belum tentu akan memiliki juga daya yang stabil, malah terkadang daya yang diberikan sangat fluktuatif ketika se-buah komponen PC memerlukan load maksimal. Gejala fl uktuasi daya ini bukan hanya akan menjadi keseluruhan sistem PC menjadi tidak stabil, namun juga mampu mereduksi atau memperpendek umur komponen motherboard secara lebih cepat.
Solusi
Untuk mengetahui manakah motherboard yang memiliki desain cukup baik, cukup mudah saja. Baca selalu review
tentang motherboard, baik melalui situs Internet maupun dari majalah kom-puter yang ada, atau baca selalu review hardware yang ada di PC Media. Pada setiap edisi pasti ada review mengenai motherboard, dari situ Anda akan lebih mengetahui mana motherboard dengan desain dan komponen berkualitas dan mana yang tidak.
Pastikan juga Anda memperoleh hasil review tersebut dari orang yang berkom-peten dalam bidangnya. Dengan kata lain, ia benar-benar menguasai seluk-beluk tentang motherboard ini. Dan yang paling penting hasil review tersebut bisa dipertanggungjawabkan secara otentik.
Jika kurang yakin, Anda bisa melaku-kan browsing di Internet mengenai review dari motherboard yang baru dilun-curkan oleh produsen. Usahakan Anda memperoleh hasil review dari pengguna langsung dan komentar-komentar dari mereka, karena biasanya kualitas produk retail berbeda dengan kualitas produk yang resmi untuk dijadikan review di media cetak ataupun situs reviewer seperti Tom’s Hardware.
2. Power Supply Unit (PSU)
BENARKAH PSU YANG MEMILIKI WATT TINGGI MAMPU MEMBERIKAN DAYA LEBIH KEPADA KOMPONEN PC?
Timbul suatu per-tanyaan lagi yang mirip de-ngan kasus pertama, apakah benar PSU mahal yang memiliki daya (watt) besar juga bisa memberikan output yang besar? Ada benarnya, namun tidak sepenuhnya benar. Kembali lagi ke awal, bagus tidak-nya sebuah PSU ditentukan dari kualias komponen dan desainnya.
PSU yang murah mampu memberikan daya yang tinggi dengan output power dalam bentuk 5V. Namun, PSU murah
tersebut biasanya tidak akan mampu mengatasi load tinggi yang diperlukan sebuah komponen PC pada line 12V-nya.
Sebaliknya, untuk PSU yang bagus (dan mahal), mampu memberikan daya 12V pada line-nya dengan stabilitas yang tinggi meskipun PSU tersebut memiliki power rating yang rendah. Dari situ dipas-tikan bahwa kualitas sebuah PSU bukan ditentukan dari besar kecilnya watt yang dimilikinya.
Solusi
Jangan terpaku pada brand yang bagus, karena belum tentu produk yang dimiliki juga bagus. Bahkan ada beberapa brand ternama yang memiliki beberapa seri, di mana seri terendah-nya lebih buruk kinerjanya dari PSU termurah sekalipun. Memang diperlukan sedikit kerja keras untuk mengetahui manakah PSU yang
benar-benar berkualitas tinggi. Sejenak mungkin Anda harus melupakan brand dan harga, karena dengan begitu Anda akan lebih bisa menilai secara objektif, manakah PSU yang benar-benar pantas untuk Anda beli.
Saran kami masih sama, baca atau cari referensi pada majalah komputer atau situs-situs di Internet untuk lebih memiliki pengetahuan tentang PSU.
3. CPU
BENARKAH CPU TERBARU AKAN MEMBERIKAN BERBAGAI KEMUDAHAAN?
Saat ini processor yang paling banyak beredar di pasaran adalah AMD dan Intel. Mereka berlomba-lomba mempromosi-kan bahwa processor terbaru mereka seperti AMD Phe-nom atau Intel Core 2 Duo akan semakin mem-buat hidup Anda lebih mudah. Anda memper-cayainya? Tentu saja dalam arti tertentu, bukan? Sejujurnya processor hanyalah sebuah otak dari sebuah platform PC, ia tidak bisa mengurangi beban kerja Anda menjadi setengahnya.
Yang perlu diperhatikan dalam mem-beli processor adalah berapa budget yang Anda miliki? Untuk kepentingan apakah Anda membangun sebuah platform? Dan apakah kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh processor tersebut, apakah meng-untungkan atau malah merugikan Anda? Ke-tiga pertanyaan dasar ini yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan.
Kita ambil saja contoh teknologi Vir-tualization (VT) dari sebuah CPU yang dikembangkan oleh Intel, yang oleh Intel processor tersebut disebut dengan “Van-derpol”. Secara sederhana, fungsi VT ini memerintahkan sebuah CPU bisa bekerja layaknya banyak CPU yang bekerja secara paralel, untuk bisa menjalankan berbagai
macam operating system pada saat ber-samaan dan hanya pada satu PC saja.
Tentu saja harga yang harus Anda bayar akan lebih mahal jika Anda me-milih processor yang memiliki teknologi VT. Pertanyaannya adalah, perlukah Anda menggunakan teknologi ini? Jika jawabannya tidak, tentu Anda tidak perlu membuang uang berlebih untuk sebuah processor.
Hal lain yang harus Anda pertimbang-kan ketika akan membeli sebuah processor adalah aplikasi dan game-game yang akan Anda gunakan nantinya. Untuk saat ini, kebanyakan aplikasi dan game terkini sekalipun belum mendukung processor multi-core utamanya processor quad-core. Saat ini aplikasi dan game lebih optimal jika digunakan dengan processor dual-core. Akan sangat mengecewakan tentunya jika Anda berharap lebih ketika Anda memainkan sebuah game dengan processor quad-core terbaru, namun
hasilnya tetap sama dengan Anda me-mainkan game tersebut pada processor dual-core. Begitu juga sebaliknya. Jika aplikasi dan game yang Anda gunakan sudah mendukung quad-core, processor jenis ini akan lebih baik jika dibandingkan Anda membeli processor dual-core tercepat sekalipun.
Solusi
Karena membeli sebuah processor itu berarti juga membeli semua perangkat tambahan yang sesuai untuk platform tersebut, termasuk motherboard, VGA, dan RAM, maka bisa dikatakan mem-beli sebuah processor juga menentukan nantinya Anda akan menggunakan platform apa. Anda harus benar-benar mempertimbangkan segala keuntungan dan kerugian yang dimiliki oleh setiap platform, jangan sampai salah pilih.
Jika Anda sudah memutuskan satu pili-han platform, akan menjadi sangat mahal jika ingin beralih ke platform lain, yang tentunya Anda harus mengganti seluruh komponen dalam platform tersebut. Terkecuali memang perangkat tersebut kompatibel dengan platform lain.
Dan jangan dilupakan bahwa de ngan berganti platform, Anda juga harus menginstall ulang seluruh operating system, driver, update, dan aplikasi-ap-likasi pendukung yang Anda gunakan. Cukup merepotkan, bukan?
Akan jauh lebih bijak jika menentukan hanya platform yang terbaik untuk ke-butuhan Anda saja, dan sebaiknya platform ini dipakai sampai dua atau tiga tahun ke depan. Sampai Anda mampu mengganti platform Anda secara kese-luruhan. Ini tentu berhubungan dengan budget yang dimiliki.
4. Video Card
BENARKAH VIDEO CARD TERBARU MAMPU MENJALANKAN APLIKASI GAME ANDA LEBIH CEPAT?
Perlu ditegaskan lagi bahwa tidak se-lamanya video card terbaru mampu membuat game-game Anda berjalan lebih cepat. Sebelum Anda membeli video card, simak beberapa fak-tor berikut.
Jika Anda hanya mengguna-kan monitor 15 inchi atau 17 inchi, baik berjenis CRT ataupun LCD dan menggunakan platform PC kelas menengah, jangan berharap performa video Anda akan terdongkrak dengan Anda membeli sebuah video card powerful dan mahal seperti GeForce 8800GTS sekalipun. Kecepatan yang Anda inginkan dalam memainkan game, aplikasi grafi s, atau aplikasi penunjang lainnya tidak hanya dipengaruhi oleh video card semata, namun juga komponen-komponen lain seperti processor dan RAM.
Jika Anda memiliki processor dan RAM yang terbatas, kemampuan video card sekelas 8800GTS juga akan ikut terbatasi oleh processor dan RAM tersebut.
Misal, Anda masih menggunakan processor Core Duo atau Athlon 64 X2, dan RAM hanya sebesar 512 MB, tentu video card 8800GTS milik Anda tidak akan bisa bekerja secara maksimal.
Tidak benar jika kemudian ada sebuah pernyataan bahwa sebuah video card keluaran terbaru dengan teknologi yang terbaru pula memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan video card model lama.
Solusi
Untuk lebih meyakinkan Anda dalam me-milih sebuah video card, selalu perhatikan dan baca review yang khusus mengulas produk tersebut. Bisa dari media cetak, Internet, dan lain sebagainya. Perhatikan teknologi dan fi tur yang diusung oleh produk tersebut dan pastikan Anda meli-hat tabel benchmark yang dihasilkan yang biasanya dites secara sintetic.
Perhatikan juga seberapa tinggi refresh rate dan resolusi yang didukung oleh monitor Anda. Dengan begitu, Anda bisa memutuskan apakah dengan mengganti video card baru, dengan komponen PC yang ada saat ini dan dengan monitor yang Anda punyai, apakah akan terjadi peningkatan performa yang signifikan. Anda sendiri yang bisa memutuskan kebutuhan Anda. Namun jika tidak terjadi peningkatan performa yang signifi kan, kenapa harus Anda paksakan membeli video card kelas high-end. Lebih baik uang Anda dipakai untuk melakukan upgrade komponen PC yang lain.
5. LCD
BENARKAH LCD DENGAN SPESIFIKASI LEBIH BAIK, JUGA MEMILIKI KUALITAS DAN KINERJA YANG LEBIH BAIK JUGA?
Hal yang mungkin bisa dibenarkan, na-mun juga masih harus ditelaah lebih jauh lagi. Karena menurut kami, cita rasa setiap orang pasti berbeda-beda, begitu juga dengan halnya memilih kualitas monitor yang baik. Monitor yang dianggap super oleh
seseorang belum tentu orang lain meng-anggapnya demikian. Satu-satunya cara yang paling efektif dalam memilih monitor adalah dengan memandangi dan menggunakan monitor tersebut selama beberapa jam. Pastikan warna, brightness, response times, dan sudut pandang sesuai dengan mata Anda dan yang paling pent-ing adalah sesuai de ngan fungsinya saat Anda menggunakan monitor tersebut. Untuk gaming, grafi s, atau hanya sekadar mengetik pekerjaan kantor saja.
Sebagai contoh, para gamer pasti akan memilih sebuah monitor dengan nilai response times yang cepat, namun dengan begitu warna dan sudut pandang akan dikorbankan di sini. Para gamer tentu saja tidak akan mengeluh, namun coba saja Anda tanyakan kepada para pekerja grafi s, hal tersebut tentu akan sangat mengganggu mereka. Karena memang yang mereka butuhkan adalah kualitas
warna dan brightness yang bagus dari sebuah monitor.
Dari contoh tersebut terbukti jika salah satu monitor cocok dengan Anda, belum tentu monitor tersebut cocok untuk orang lain. Pastikan Anda mencoba monitor yang akan Anda beli tersebut terlebih dahulu, caranya baca review tentang monitor tersebut, atau tanyakan pada user yang sudah menggunakannya. Bermain game atau untuk grafi s, semua terserah di tangan Anda.
6. RAM
BENARKAH DENGAN MENGGUNAKAN RAM BER-HEATSPREADER SELURUH APLIKASI AKAN BERJALAN LEBIH CEPAT?
Pernyataan yang cukup tepat kami rasa, namun bukan hanya itu. Untuk bisa mendapatkan performa lebih dari sebuah RAM, ada beberapa hal terlebih dahulu yang harus Anda lakukan. Pertama Anda harus melakukan overclock terhadap modul RAM tersebut. Biasanya RAM yang sudah dilengkapi dengan heat-spreader juga sudah dilengkapi dengan fi tur overclock.
Jika Anda berencana melakukan overclock, perhatikan terlebih dahulu rambu-rambu dalam melakukan over-
clocking atau overvolt jangan sampai me-lebihi kemampuan modul RAM tersebut. Karena jika melebihi, maka dipastikan modul RAM Anda akan mati. Perhatikan juga pendinginan modul RAM tersebut, meskipun ia sudah dilengkapi dengan heatspreader belum tentu konstruksi atau bahan dari heatspreader tersebut kuat menahan panas ketika Anda meng-over-clock RAM tersebut. Pastikan konstruksi dan bahan yang digunakan benar-benar kokoh dan tebal.
Pilihan kedua selain melakukan over-clock adalah dengan menambah modul RAM. Tidak semua orang atau Anda termasuk juga di sini bisa dan mampu melakukan overclocking. Jika Anda takut, atau tidak terbiasa melakukan overclock-ing Anda bisa melakukan cara lain untuk mendongkrak kinerja PC Anda (selain meminta bantuan ke teman Anda yang lebih berani tentunya).
Tambah modul RAM Anda secara maksimal, usahakan jangan membeli
modul RAM dari brand terkenal yang bisa berharga dua kali lipat dari produk dari brand bi-asa dengan kapasitas yang sama.
Siapapun enthusiast hardware yang Anda tanya mengenai kapasitas RAM, maka mereka kebanyakan akan menjawab. Lebih baik menggunakan modul RAM yang banyak (memaksimal-kan slot RAM yang disediakan) daripada harus memilih RAM dengan clock lebih cepat namun dengan jumlah terbatas.
Saat ini kebanyakan motherboard me-nyediakan slot RAM sebanyak empat buah, yang berarti bisa Anda isi dengan total keseluruhan RAM 8 GB. Namun, ada juga yang menyediakan sampai 6 buah slot, yang bisa Anda isi sampai 16 GB. Tentunya hal ini harus disesuaikan dengan OS yang Anda gunakan, 32bit atau 64bit.
7. ONBOARD VGA
BENARKAH ONBOARD VGA PADA MOTHERBOARD MAMPU MENYAMAI KINERJA VGA CARD ADD-ON?
Percayakah Anda pada pernyataan di atas. Kami tidak akan mengatakan bahwa itu salah. Memang ada beberapa chipset VGA terintegrasi pada motherboard yang memiliki kemampuan setara dengan VGA add-on, namun itu segelintir saja.
Memang pernah ada seri khu-sus pada motherboard yang menggunakan chipset VGA terintegrasi dan menggunakan RAM dedicated, yang artinya VGA tersebut tidak memerlukan sharing dari physical memory yang ada pada sistem PC secara keseluruhan.
Berbeda halnya dengan yang terjadi pada produk-produk laptop. Mau tidak mau para produsen laptop harus meng-gunakan VGA terintegrasi untuk laptop tersebut. Dan khusus untuk laptop yang diperuntukkan bagi gamer ataupun pe-kerja grafi s tentu memiliki kinerja graphic yang lebih dibanding laptop jenis lain.
Kita ambil saja contoh sebuah laptop dengan harga yang hampir mencapai angka Rp20 juta. Ia menggunakan VGA terintegrasi dari seri nVIDIA GeForce 8600GT dengan dedicated RAM sebe-sar 256 MB. Dari hasil benchmark yang didapat oleh tim lab. PC Media memang cukup mengejutkan. VGA terintegrasi dengan dedicated RAM ini mampu meng-ungguli performa dari VGA add-on kelas mainstream dengan chipset yang sama atau lebih rendah satu tingkat 8500GT misal. Bukti ini menunjukkan bahwa VGA terintegrasi mampu melampaui kinerja dari VGA add-on, namun tentunya dengan harga yang harus bayar juga agak tinggi.
Namun, hal ini tidak berlaku untuk motherboard PC desktop dengan VGA terintegrasi, karena sampai saat tulisan ini belum ada bukti kalau kemampuannya mampu melebihi VGA add-on.

KESIMPULAN
Beberapa mitos yang kami paparkan tersebut sedikit banyak pasti akan menimbulkan pro dan kontra di dalam masyarakat. Namun, hal ini semata-mata kami lakukan setidaknya untuk mengedukasi Anda sebagai konsumen agar tidak mudah tergoda dengan iklan-iklan dari para produsen yang kadang-kadang terlalu “kejam” untuk diikuti.
Pastikan Anda benar-benar mengetahui mengenai spesifi kasi hardware yang ingin Anda beli. Ketahui juga performa, fi tur, dan kekurangan yang dimilikinya. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda untuk lebih memaksimalkan kinerja dari hardware PC yang akan Anda beli nantinya. Karena menyia-nyiakan resource dari sebuah hardware PC sangatlah tidak bijak, selain juga akan menyia-nyiakaan dana yang sudah Anda keluarkan. Sebelum melakukan upgrade, pastikan juga Anda mengetahui secara mendetail apa saja spesifi kasi dari seluruh komponen PC yang Anda miliki saat ini, sebelum memutuskan membeli sesuatu hal ini yang sangat penting untuk dilakukan. Jika Anda sudah mengetahui spesifi kasi selengkap-lengkapnya dari PC Anda, maka keputusan meng-upgrade komponen dalam PC Anda akan sangat mudah.
Memang diperlukan usaha berlebih untuk melakukan riset Anda sendiri untuk menentukan manakah hardware yang benar-benar tepat bagi Anda. Anda harus membaca review baik di majalah, Internet, mencari forum-forum di Internet untuk mengetahui kelebihan dan kekuranagn dari hardware yang ingin Anda pinang. Namun percayalah, semua usaha Anda tersebut akan terbayar dan terpuaskan dengan hasil pencari-an yang tidak sia-sia tentunya.
Jika Anda belum begitu yakin dan percaya dengan riset yang dilakukan sendiri, kami dengan senang hati akan membantu Anda. Jangan takut, untuk edisi PC Media berikutnya, kami akan membuktikan bahwa mitos-mitos yang kami paparkan pada edisi kali ini adalah benar adanya. Ditambah dengan mitos-mitos lain yang memang harus dibuktikan kenyataannya, lengkap dengan tabel tes dan pembuktian yang bisa dipertanggungjawabkan. Dengan begitu, Anda akan lebih percaya dan lebih pasti dalam rencana Anda membeli dan meng-upgrade hardware baru di PC desktop Anda.


  


 

 

    
  Share

0 comments:

Post a Comment